2818

Selamat wayah kieu, Salam Lestari dan Selalu Persib Salawasna. :))
Gunung Cikuray, kali ini saya diberi kesempatan untuk "jalan-jalan" ke salah satu gunung yang ada di kota kelahiran sesuai KTP saya. Gunung yang berketinggian 2818 Meter DIatas Permukaan Laut ini memiliki 7 pos dengan trek perjalanan yang begitu melelahkan bagi saya pribadi. Bareng bopala, bobotoh pecinta alam. Ini merupakan trip perdana bopala dan kebetulan saya dipercaya menjadi panitia kegiatan ini. Langsung ke TKP.

Sekretatiat UNIGA

Sekretariat Wapalam Universitas Garut menjadi tempat kumpul kami semua. Ada yang dari Depok, Cikarang, Ciputat dan Bandung. Jum'at, 28 Maret tepatnya pukul 16.30 kita berangkat menuju stasiun pamancar yang merupakan titik awal pendakian pertama. Kami menginap satu malam di stasiun pamancar. Dari sini kita bisa melihat kota Garut yang begitu indah. Oh iyah, info nih ya, menuju ke pamancar kalian semua bisa menggunakan angkutan umum berwarna putih abu dengan jurusan cilawu dari terminal guntur, nanti turun di patrol (bilang aja ke supirnya), lanjut naek ojeg. Biayanya lumayan mahal hehehe, menurut info sekitar bisa kena sampe 40 ribu sekali jalan.

Sunrise PAMANCAR

Sehabis perkebunan teh, kita mulai masuk ke perhutanan melewati jalan setapak di tiap pos nya. Bonusnya juga sedikit, bisa dibilang cuma beberapa meter aja hhehe. Diantara pos 2 dan pos 3, ada sumber air air terakhir sebelum kita menempuh trek panjang.

pos 3

Sampai di pos 3, kami memutuskan untuk buka kompor, untuk sekedar masak mie dan minum kopi. FYI, pos di jalur pendakian gunung cikuray bukan berupa bangunan, tapi berupa pohon yang ditandai dengan papan dengan tulisan. Tiap pos nya bisa kita gunakan untuk istirahat, bahkan ada beberapa pos yang bisa kita manfaatkan untuk buka tenda. Beres makan, packing lagi, lanjut jalan sampai pos 4, istirahat, jalan lagi sampai pos 5.
Pos 5

Dari pos 5, kita jalan lagi sampai di pos 6, puncak bayangan. Disini juga ada lahan buat "bongkar tenda", tapi tidak terlalu luas. Karena penuh pada saat itu, tim advent memutuskan untuk "bongkar tenda" di atas lagi, hingga menuju tempat yang lumayan dekat dengan puncak, sekitar 10 menitan, kita bongakr tenda untuk menginap.
10 menitan lagi sampai puncak

Di jalur pendakian gunung cikuray ada 7 pos, jarak tiap pos nya beda-beda. 7 pos itu pos ke 7 nya ada di puncak. Waktu tempuh kami hingga ke tempat Camp juga beda-beda. Tim advent yang bertugas mencari lapak tenda dari pamancar sampai ke tempat camp mereka tempuh hanya dengan 4,5 jam. Kelompok selanjutnya menghabiskan 6 jam perjalanan. Kelompok selanjutnya lagi menghabiskan 8 jam perjalanan. Dan yang terakhir, kelompok siput menghabiskan 11 jam perjalanan. Gilaaaaa..!!!! hahahaa
SunRise Puncak Cikuray

!!!!!!!!!!!

PERSIB SALAWASNA

Begitulah kira-kira ringkasan perjalanan menuju puncak Cikuray. Sedikit info untuk menuju ke jalur pendakian ini.

Dari arah jkt/bdg, naik bus jurusan garut, turun di terminal guntur. Lalu naik angkot warna putih kombinasi biru muda, turun di patrol/gerbang desa cikuray. Ongkosnya 4-6 Ribu. Dari gerbang desa naik ojeg dengan ongkos 40Rb sekali jalan sampai ke pamancar. Kalo gak mau mahal, bisa jalan kaki, sampai pamancar dengan waktu tempuh 2-3 jam melewati sawah.

Sampai ketemu di perjalanan selanjutnya.